R Siti Jenab Sesosok Pahlawan Pendidikan dari Tatar Cianjur



Apabila ada pertanyaan kepada agan-agan sekalian, siapakah pahlawan yang berjasa di bidang pendidikan, pasti banyak dari kita akan menjawab Ki Hajar Dewantara, RA Kartini, atau RA.Dewi Sartika.

tapi apakah agan tau ada ada seorang dibidang pendidikan selain mereka yang sangat berjasa terutama di wilayah cianjur meskipun statusnya kini masih belum diakui menjadi pahlawan nasional secara resmi emoticon-Mewek



Siapa R Siti Jenab atau yang biasa dipanggil Ibu Jenab?

R Siti Jenab lahir pada tahun 1890 anak dari Raden Martadilaga dan Ny Raden Siti Mariah, dua-duanya adalah Bangsawan dan mempunyai hubungan Kekerabatan dengan Patih Purwakartan da Priyayi Brebes.

pada waktu itu Pemerintah Hindia Belanda Mengenakan sistem pendidikan barat untuk masyarakat pribumi dengan tujuan memperoleh tenaga yang terdidik dan bergaji murah. namun pada waktu itu hanya kaum pria yang bisa menikmati pendidikan tersebut kalaupun ada hanya beberapa yang bisa bersekolah sedangkan sisanya perempuan hanya mengurus area sumur, dapur, dan kasur.

meskipun begitu Siti Jenab bisa beruntung karena beliau bisa bersekolah di sekolah Raden Dewi Sartika di Bandung atas Rekomendasi dari RA Cicih Wiarsih(Juag Cicih), Anak semata wayang dari Bupati Cianjur RAA Prawiradireja II,

Di Bandung, Siti Jenab mendapat bimbingan langsung dari Dewi Sartika, Pendiri Sakola Istri dan merupakan Pahlawan Nasional yang berjasa dibidang pendidikan, tak lama setelah menyelesaikan pendidikan, Siti jenab kembali ke Cianjur dan merasa prihatin melihat kaum perempuan yang tidak memperoleh pendidikan seperti dirinya, Sehingga timbul tekad dalam diri Siti Jenab untuk memberikan pendidikan kepada kaum perempuan di Cianjur.

Awalnya Siti Jenab memberikan pendidikan secara berkeliling, Door to Door, dari tempat ke tempat lain. Mendatangi Rumah-rumah, Antar Kampung dan Antar Desa. 

tak lama perjuangan Siti Jenab sampai ke telinga Juag Cicih, istri Bupati R Muharam Wiranatakusumah. Sebagai sosok yang merekomendasikan Siti jenab yang bersekolah di Bandung ini, Siti Jenab akhirnya mendapat dukungan dari Juag Cicih atas Sebidang tanah warisan dari Ayahnya RAA Prawiradireja II, dan membangun sekolah berbahan kayu dan Bilik pada tahun 1906.



Sekolah yang dibangun Siti Jenab Merupakan Perpaduan dari Sekolah Istri Dewi Sartika dan Sekolah Kautamaan Sitri Ayu Lasminingrat, mata pelajaran yang diberikan pun sama seperti sekolah keutamaan Istri lainya yaitu : Membaca, Menulis, Berhitung, Bahasa Belanda, Bahasa Melayu, Bahasa Sunda, Budi pekerti, Agama dan Keterampilan perempuan seperti Membatik dan Merenda.


pada saat ini Sekolah yang didirikan Siti Jenab kemudian dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur dengan mengubah namanya menjadi SDN Siti Jenab.
Seperti yang dikatakan Bung Karno, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, sebab sejarah merupakan kaca benggala tentang siapa kita, harus ke mana kita, dan apa akibat-akibat dari setiap langkah kita. 




HATUR THANK YOU

Share on Google Plus

About UDAR IDER

Mangga Nyanggakeun ka para Kanca

0 coment�rios:

Posting Komentar