SEJARAH AWAL MULA KOTA BANDUNG TERBENTUK DARI JUTAAN TAHUN YANG LALU

Image result for bandung tercipta saat tuhan tersenyum

Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum 

mungkin itu adalah ungkapan yang tepat untuk Kota Bandung tercinta ini, karena Kota Bandung selain mempunyai pemandangan yang indah, someah ka semah, dan mojang dari segala penjuru juga menjadi pusat kuliner di indonesia karena semua makanan ada di Bandung dari yang tradisional,fusion,hingga yang high class.

tapi apakah kalian tau awal mula Bandung terbentuk sehingga menjadi seperti sekarang ini :

Awal Mula Bandung

kita kembali ke 15-20 juta tahun yang lalu, dimana dataran tinggi Bandung masih ada di dasar lautan, pada waktu itu pulau jawa masih merupakan Samudera, hanya bagian selatan yang berbentuk daratan yaitu di sebelah selatan Pangalengan (Kab Bandung) sekarang.

sisa-sisa dari endapan samudera 15-20 juta tahun yang lalu ini, masih bisa dilihat di daerah Purwakarta dan Subang yang merupakan dataran rendah, batuan-batuan Napal dan Batu Gamping yang ditemukan di area tersebut banyak yang mengandung fosil binatang laut Foraminifera, seperti Cyoloclypeus dan Lepidecyclina .


Sejarah Kota Bandung

Secara bertahap bagian pantai laut jawa yang awalnya di bagian Selatan Pangalengan (Kabupaten Bandung) bergeser semakin ke Utara yang di akibatkan oleh pembetukan gunung dan proses pelipatan lapisan bumi dari dasar laut dan kemudian muncul ke permukaan dan itu terjadi sekitar 25 Juta tahun yang lalu.

pada akhir zaman Pliosen (2 Juta tahun yang lalu) terjadi lagi periode berupa tekanan dari sedimen yang terbentuk dari zaman sebelumnya sehingga terjadi proses pembentukan gunung dan gunung ini adalah awal mula terbentuknya Bandung.

Dan akhirnya pada awal periose Plestosen (1 Juta tahun yang lalu) terjadi kegiatan vulkanik di daerah Bandung sehingga membentuk kumpulan gunung api, dengan ukuran dasarnya sebesar 20 KM dengan ketinggian 2.000 - 3.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini dikenal dengan nama gunung Sunda, sebuah gunung raksasa dengan sebuah kaldera di puncaknya

Related image

Masih pada periode Plestosen itu juga, Gunung sunda Runtuh dan diikuti dengan terjadinya Patahan Lembang, yang memanjang secara horizontal sejauh 29 Km.

Image result for patahan lembang

Pada jaman Holosen, 11.000 tahun yang lalu, lahirlah Gunung Tangkuban Parahu yang merupakan anak dari kaldera Gunung Sunda, dan Gunung tersebut menutupi bagian timur menutupi dari sisa gunung api lama. dan hingga sekarang gunung tersebut paling tidak sudah mengalami 3 kali erupsi besar yang mengeluarkan Lava dan Abu yang menimpa daerah di sebelah Utara Bandung.

Dan di erupsi kedua dari gunung tersebut adalah awal mula terjadinya Cerita Rakyat Sangkuriang yang menendang Sebuah Perahu yang terlelungkup dan itu terjadi sekitar 6.000 Tahun yang lalu.


dan sisa dari erupsi itu sempat menyumbat sungai Citarum yang mengalir sehingga terbentuklah "Danau bandung" yaitu sebuah danau yang sering juga disebut oleh manusia jaman dulu sebagai "Situ Hiang".


dan pada 3.000-4.000 tahun selanjutnya. Danau Bandung mengalami penyusutan dan munculah Dataran tinggi Bandung, dan Sungai Citarum pada waktu itu yang tadinya tersumbat mengalir kembali dengan menembus Bukit-bukit Rajamandala, melewati terowongan alam di utara Bandung yang mungkin kita kenal dengan sebutan Sanghiangtikoro.

Image result for sanghyang tikoro

dari sejarah tersebut lambat laun terbentuklah Bandung, dan dengan beberapa kali proses gunung berapi Bandung kini terkenal akan kesuburanya, dengan dikepung dengan gunung api dan bukit batu gamping di sebelah barat yang menjadi bukti bahwa daerah tersebut pernah menjadi dasar laut.

Situ Hiang atau yang lebih dikenal dengan Danau Bandung, Membentai dari Cicalengka di bagian Timur sampai dengan Padalarang di sebelah Barat, sejauh kurang lebih 50 KM. dan dari utara Dago hingga ke Soreang di bagian Selatan yang berjarak 30 KM. dan apabila dihitung luas Danau Bandung ini hampir tiga kali lipat DKI Jakarta. suatu wilayah yang menjadi Daerah Bandung Raya di masa Sekarang.

Image result for danau bandung

Luas dataran tinggi yang di masa silam pernah jadi Situ Hiang (Danau Bandung), membentang dari Cicalengka di timur sampai Padalarang di arah barat, sejauh kurang lebih 50 km. Dari bukit Dago di utara sampai ke batas Soreang - Ciwidey di selatan berjarak 30 km. Kalau dihitung luas Danau Bandung keseluruhan, hampir tiga kali lipat DKI Jakarta. Suatu wilayah yang insya’allah bakal jadi daerah ‘”Bandung Raya” di kemudian hari.




Share on Google Plus

About UDAR IDER

Mangga Nyanggakeun ka para Kanca

0 coment�rios:

Posting Komentar