MAKANAN KHAS BANDUNG BUKAN KUE TAPI PEUYEUM


Image result for bandung

Bandung adalah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya dingin. Terkait dengan hal tersebut, menurut sejarahnya peuyeum Bandung banyak dibuat karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon singkong di Bandung, maka orang-orang zaman dulu memanfaatkannya dengan cara mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi peuyeum, karena peuyeum dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Khasiat tersebut didapati akibat hasil fermentasi. Peuyeum banyak dikenal sebagai tapai atau tape.



Makanan apa yang ga ada di Bandung? yang mahal ada yang murah ada, yang tradisional ada yang modern ada, dan makanan dari seluruh Indonesia bisa ditemui di Bandung.


tapi ada 1 pertanyaan? apa sih makanan khas Bandung.



Makanan khas Jawa Barat Khususnya Bandung ini sangat terkenal sejak dahulu hingga kini. dengan kuntur tanah yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya dingin. sehingga dari jaman dulu banyak dibuat di Bandung dengan memanfaatkan mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi peuyeum. karena Peuyeum mampu menghangatkan tubuh. karena Khasiat tersebut didapati akibat hasil dari Fermentasi.

Image result for Peuyeum

Kata Peuyeum sendiri berasal basa Sunda, orang-orang sering menyebutnya Peuyeum sampeu yang berarti tape singkong. Metodenya dengan cara mengukus singkong sampai matang kemudian ketika dingin ditutupi dengan ragi dan disimpan di wadah tertutup selama 2-3 hari. dan hasilnya sampe bisa langsung dimakan.



sekarang ini Peuyeum bukan hanya dibuat dari singkong tapi bisa dibuat dari berbagai bahan seperti beras ketan. dan Peuyeum Ketan ini pun banyak peminatnya rasanya yang manis dan Masam membuat ketagihan di lidah sebagian orang. dan Peuyeum biasanya menjadi buah tangan para pengunjung dan wisatawan ketika berkunjung ke Bandung.

Image result for peuyeum ketan


Peuyeum sebenarnya bukan hanya berasal dari Bandung, banyak daerah lain di Jawa Barat pun banyak yang membuat dan menyediakan aneka peuyeum sebagai makanan khasnya. Hanya karena peuyeum sempat fenomenal dan terkenal di Bandung, maka dari itu orang-orang lebih mengenal peuyeum Bandung.


Sayangnya saat ini kepopuleran peuyeum Bandung sudah banyak teralihkan dengan makanan lain yang lebih modern, seperti bolen dan brownies dan kue Kekinian yang tentunya dengan penawaran rasa yang lebih bervariatif. Namun, beberapa orang kreatif mampu menggunakan peluang usaha di bidang kuliner, dan mengolah peuyeum Bandung menjadi makanan yang lebih menarik, seperti peuyeum bol. Peuyeum ini merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu dan peuyeum sampeu (tape singkong) yang kemudian digoreng berbentuk bola-bola dengan ditaburi gula tepung halus.
Share on Google Plus

About UDAR IDER

Mangga Nyanggakeun ka para Kanca

0 coment�rios:

Posting Komentar