TAU SEJARAH GOUVERNEMENTS BEDRIJVEN DI BANDUNG?

Image result for gedung sate


Gouvernements Bedrijven atau yang kita kenal dengan Gedung sate merupakan hari dari sebuah tim yang terdiri dari Ir.J.Gerber, Ir.Eh.De Roo dan Ir.G.Hendriks dengan melibatkan 2000 orang Pekerja dan 150 orang di antaranya sebagai Pemahat, pengukir batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaaan China, dan dibantu oleh tukang batu, kuli aduk dan peladen yang berasal dari sekitaran Bandung.


Dalam sejarahnya Gedung Sate membutuhkan waktu 4 Tahun dimulai dari peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, Puteri sulung walikota Bandung, B Coops dan Petronella Roelofsen, yang mewakili Gubernur Jenderal Batavia, J.P. Graaf dan pada September 1924 gedung sate selesai dibangun meliputi pembangunan bangunan Induk Utama yang di dalamnya terdapat kantor pusat PTT (Pos. Telepon dan Telegraf dan Perpusatakaan)




Banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan menyatakan Gedung Sate adalah salah satu tempat wisata Bandung yang memiliki bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa, (Indo Europeeschen architectuur stijl), sehingga tidak mustahil bila keanggunan tempat wisata Candi Borobudur ikut mewarnai Gedung Sate.




Share on Google Plus

About UDAR IDER

Mangga Nyanggakeun ka para Kanca

0 coment�rios:

Posting Komentar