SUDAH TAU SEJARAH SUKAMISKIN?

Sejarah mencatat, Lapas Sukamiskin dibangun pada tahun 1817 oleh Pemerintahan Belanda. Bangunan penjara tersebut tampak megah karena bergaya arsitektur Eropa.

Lapas Sukamiskin berbentuk trapesium. Gedung itu memiliki arsitektur modern fungsional yang dirancang oleh arsitek Belanda Prof CP Wolff Schoemaker.

Sukamiskin sekarang ini adalah tempat yang identik untuk orang-orang yang terjerat kasus korupsi?

tapi apakah kalian tau kapan Lapas Sukamiskin berdiri?

Lapas Suka miskin tercatat dibangung pada tahun 1817 oleh pemerintahan Belanda dengan gaya arsitektur Eropa berbentuk trapesium yang dirancang oleh arsitek Belanda Proft CP Wolff Schoemaker.

Image result for sukamiskin sejarah



Dengan bentuk bangunan yang kokoh dengan dinding yang tinggi, nampaknya sulit untuk tahanan yang bisa lolos dari Lapas ini. Selain dilengkapi dengan beberapa menara pengawas untuk petugas dari 4 sisi. Lapas ini dilengkapi dengan berbagai sarana untuk penghuni termasuk tempat ibadah dan sebuah lapangan sepak bola.

Lapas yang luasnya lebih dari 2 Herktare ini pula pernah di diami oleh Presiden Pertama RI, Soekarno pada bulan Desember 1930. sehingga bekas sel perjara yang ditempati Proklamator itu sekarang di beri tulisan "Bekas Kamar Bung Karno"

"Saudaraku!
Baru sekarang saya menulis dari Sukamiskin, karena orang tangkapan hanya boleh berkirim surat sekali dalam dua minggu. Sesudah masuk ke dalam rumah kurungan, hampir semua yang saya bawa dari rumah tahanan di Bandung, diambil. Setiap hari saya mesti bekerja keras. Malam hari, badan sudah letih sehingga belajar pun tak ada hasilnya


Sukamiskin, 17 Mei 1931

Related image

Itulah petikan surat dari Presiden Pertama RI, Soekarno, yang ditulis dalam pengapnya penjara Sukamiskin. Di penjara Sukamiskin (sebuah kawasan di Bandung Timur) lahir pula buku fenomenal karya Soekarno: Di Bawah Bendera Revolusi.

Pasca kemerdekaan pemerintah indonesia mengambil alih sukamiskin hingga sekarang, tidak banyak berubah dari bentuk bangunan ini keciali ada beberapa tambahan untuk kantor sipir dan kepala lembaga pemasyarakatan,



hingga saat ini tidak ada yang secara terang-terangan menjebol ketatnya pertahanan di lapas sukamiskin dari semenjak pemerintah Hindia Belanda hingga saat ini

dan Pada tahun 2010, Lapas Sukamiskin diresmikan sebagai aset bersejarah di Kota Bandung, dengan Harapan menjadi cagar budaya di wilayah jawa barat.



.
Share on Google Plus

About UDAR IDER

Mangga Nyanggakeun ka para Kanca

0 coment�rios:

Posting Komentar